Pakaian Ketat Dalam Pandangan Islam Sosial Dan Kesehatan

Pakaian Ketat Dalam Pandangan Islam Sosial Dan Kesehatan

Pakaian Ketat Dalam Pandangan Islam Sosial Dan Kesehatan

Manusia mengenal pakaian kurang lebih sejak 170.000 tahun yang lalu, bahkan studi dari universitas florida mengatakan bahwa manusia mulai mengenakan pakaian disekita 70.000 tahun lalu sebelum bermigrasi ke daerah yang lebih dingin ( Pernyataan ini dikutip dari www.kompas.com ).

Cara berpakaian dari satu suku ke suku lainnya memiliki perbedaan, hal ini disebabkan dari perbedaan budaya yang mereka miliki. Selain itu cara berpakaian juga mengalami modernisasai hingga bermunculan berbagai model.

Salah satu nya yang bisa anda lihat, semakin semaraknya memakai pakaian jeans dan pakaian ketat yang sedang trend dikalangan masnyarakat, mulai dari anak-anak remaja hingga dewasa.

Namun Bagaimana Cara Berpakaian Menurut Islam ????

Menggenakan pakaian untuk laki-laki muslim maupun perempuan muslimah didalam islam itu ada aturannya, Mengapa demikian ??? Sebab Islam merupakan agama yang “Syamil” yang akan memandu hidup manusia menjadi lebih sempurna. Mengapa banyak larangan dan aturan didalam islam ???

Karena agama islam merupakan agama yang mengatur seluruh aspek kehidupan manusia supaya menuju tata kehidupan yang lebih baik, damai dan bisa menyelamatkan mereka didunia dan akhirat. Oleh sebab itu Agama Islam mengatur umatnya dalam berpakaian. Tapi setiap larangan didalam islam pastinya memiliki tujuan dan manfaat tersendiri.

Didalam ajaran islam pakaian bukanlah hanya smata-mata masalah budaya dan model. Tapi islam sendiri menentukan batasan-batasan terntu dalam berpakaian baik laki-laki maupun perempuan. Khususnya untuk muslimah sendiri dimana agama islam sangat menjung-jung tinggi kehormatan kaum muslimah.

Bila pakaian adat umumnya bersifat lokal, namun pakaian muslimah ini bersifat universal dalam artian pakaian muslimah ini dapat dipakai oleh kaum muslimah dimanapun ia berada sedangkan pakaian adat hanya diderahnya saja dan tidak bisa digunakan kemanapun.

Didalam Alqur’an sudah dijelaskan bahwa pakaian bani adam itu ada 3 macam yaitu :

1). Pakaian yang hanya menutup bagian-bagian yang malu saja ketika terlihat orang lain.
2). Riisyan yang artinya pakaian yang digunakan untuk hiasan jadi tidak hanya menembunyikan auratnya saja.
3). Dan yang ketiga adalah pakaian libasut taqwa yaitu pakaian yang merupakan ketakwaan , untuk menyelamatkan dirinya, yang bisa menyejukan jiwa, membangkitkan budi pekerti dan akhlaq yang mulia. Dan pakaian jenis ke tigalah yang dapat menjamin kebahagian rumah tangga, menjamin keamanan serta ketentraman masyarakat dan negaranya.

Agama islam melarang umatnya dalam berpakaian terlalu ketat dan tipis, sehingga lekuk tubuhnya akan terlihat sedangkan pakaian yang terlalu tipis akan menampakan warna kulit pemakainya dan hal ini sengat dialarang oleh islam sebab dapat menarik perhatian dan menggunggah syahwat.

Serta pakaian ketat yang sekarang ini menjadi trend diberbagai kalangan dapat memicu gangguan kesehatan seperti :

  • Mengakiabtkan sirkulasi udara terganggu, sehingga memicu jamur untuk tumbuh dikulit.
  • Menimbulkanpenyakit varises, karena celana ketat dapat menekan pembuluh vena,
  • Dapat memperburuk kualitas sperma bagi laki-laki, sebab celana ketat dapat
  • Menaikan asm lambung, menurut Dr. Cut Vichyana jika perut tertekan dengan tekanan yang kuat, maka itu mampu menaikan cairan asam yang ada dilambung naik ketenggorokan.

Namun adapun adab-adab berpakaian dalam islam adalah sebagai berikut :

>>> Pakaian harus menutup aurat yang tidak memperlihatkan lekuk tubuhnya dan tidak berpakaian yang bisa memicu nafsu lawan jenisnya. sebagaimana telah dicantumkan didalam alquran surat al-ahzab ayat 59.
>>> Pakailah pakaian yang mudah, sebab saat ini banyak pakaian yang ribet untuk digunakannya, bahkan sampai membutuhkan 10-30 menit jika ingin memakainya.
>>> Jangan berlebihan dalam berpenampilan.
>>> Kaum hawa tidak boleh menyerupaik kaum adam dalam berpakaian begitu pun sebaliknya.
>>> Gunakanlah pakaian yang rapih dan sopan.

Jadi Apapun Yang Dilarang Oleh Islam , Pasti Ada Manfaatnya. Nasehat dari kami untuk kaum muslimah ” Tenanglah ketika anda tidak nyaman dengan suatu perubahan itu hanyalah sementaara dan lama kelamaan akan terbiasa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *